Surabaya (pilar.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat lonjakan pengguna kereta api selama libur Iduladha 1445 H, periode 14 – 18 Juni 2024. Jumlah pelanggan mencapai 99.022, meningkat 35 persen atau 25.410 pelanggan dibanding periode yang sama minggu sebelumnya.
Selain itu, pelanggan yang tiba di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya pada periode tersebut mencapai 96.549, meningkat 27 persen atau 20.238 pelanggan dibanding minggu sebelumnya.
Tiga stasiun dengan keberangkatan dan kedatangan terbanyak di Daop 8 Surabaya pada periode 14 – 18 Juni 2024 adalah Stasiun Surabaya Gubeng, naik 32.172 pelanggan, turun 29.835 pelanggan.
Stasiun Surabaya Pasarturi, naik 27.589 pelanggan, turun 26.844 pelanggan. Stasiun Malang, penumpang naik 17.546 pelanggan, turun 14.367 pelanggan.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyatakan bahwa peningkatan ini menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap transportasi kereta api. “KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya menjadikan transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk mendukung mobilitas, terutama pada high season libur panjang akhir pekan,” ungkapnya.
KAI Daop 8 Surabaya terus berkomitmen mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pelanggan dalam perjalanan kereta api. Data pada Selasa (18/6/2024) pukul 09.00 WIB mencatat 17.512 pelanggan berangkat dan 22.353 pelanggan tiba di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. Mayoritas pelanggan bepergian ke Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Jember, dan Banyuwangi.
Berikut adalah 5 KA jarak jauh paling favorit di Daop 8 Surabaya selama periode 14 – 18 Juni 2024:
- KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi – Gambir
- KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng – Bandung
- KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta
- KA Mutiara Timur relasi Surabaya Pasarturi – Ketapang
- KA Malabar relasi Malang – Bandung (mad/hdl)