Jakarta (pilar.id) – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengoptimalkan kapabilitasnya sebagai Acquiring Bank dalam memudahkan transaksi pembayaran lintas negara (cross-border) bagi Warga Negara Asing (WNA) yang berada di Indonesia.
CIMB Niaga telah melengkapi jaringan alat penerima transaksi pembayaran yang komprehensif, termasuk mesin Electronic Data Capture (EDC) dan Stiker Quick Response (QR), untuk melayani pembayaran lintas negara menggunakan Kartu Debit, Kartu Kredit, atau QR dari aplikasi perbankan/dompet digital WNA yang diterbitkan di negara asalnya.
Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Noviady Wahyudi, menyatakan komitmennya dalam memberikan layanan transaksi pembayaran yang praktis, cepat, dan aman kepada WNA yang berkunjung ke Indonesia, termasuk para wisatawan, pebisnis, karyawan, profesional, dan pelajar.
Layanan ini dapat diakses melalui jaringan merchant mitra CIMB Niaga, terutama di area-area pariwisata seperti Jakarta, Surabaya, Lombok, Yogyakarta, Bali, serta wilayah para ekspatriat seperti Morowali, Sulawesi Tengah.
“Dengan layanan pembayaran lintas negara yang inklusif dan tanpa hambatan ini, WNA tidak perlu repot menukar uang tunai ketika berbelanja di merchant-merchant pilihan mereka di Indonesia. Cukup menggunakan Kartu Kredit, Kartu Debit, atau memindai kode QR dari aplikasi perbankan/dompet digital, transaksi akan diproses dan otomatis dikonversi ke dalam rupiah sesuai kesepakatan dengan merchant,” kata Noviady di Jakarta pada Selasa (8/8/2023).
Kartu Debit dan Kartu Kredit yang dapat digunakan untuk transaksi lintas negara di jaringan merchant mitra CIMB Niaga mencakup Kartu Debit dan Kartu Kredit dengan logo VISA, Mastercard, dan JCB. Selain itu, CIMB Niaga juga menerima transaksi berbasis QR dengan dua metode pembayaran.
Pertama, transaksi pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Cross-Border khusus untuk WNA dari Thailand dan Malaysia.
Ini dimungkinkan melalui kerja sama QRIS lintas batas yang melibatkan Bank Indonesia (BI), Bank of Thailand (BoT), dan Bank Negara Malaysia (BNM). CIMB Niaga menjadi salah satu bank pertama yang menerapkan QRIS lintas batas ini.
Metode kedua adalah QR cross-border untuk WNA dari Tiongkok yang menggunakan dompet digital WeChat Pay dan Alipay.
CIMB Niaga adalah satu-satunya bank di Indonesia yang menerima pembayaran dari kedua dompet digital tersebut. Implementasi transaksi ini dilakukan melalui kerja sama dengan pemilik aplikasi WeChat Pay, Alipay, serta penyedia layanan teknis seperti Arash Digital (Jakarta) dan Swiftpass Global Limited (Shenzhen).
“Kami senang dapat melayani pembayaran lintas batas bagi WNA Tiongkok, terutama wisatawan dan tenaga kerja yang menggunakan Alipay dan WeChat Pay di Indonesia. Kami akan terus memperluas layanan ini dengan meningkatkan jumlah merchant mitra, khususnya di sektor pariwisata seperti hotel, restoran, dan penjual suvenir,” tambah Noviady.
Hingga 30 Juni 2023, transaksi QR cross-border yang dilayani oleh CIMB Niaga telah tumbuh sebesar 242% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Dengan semakin berkembangnya transaksi pembayaran berbasis QR dan pemulihan sektor pariwisata di Indonesia, CIMB Niaga optimistis bahwa transaksi QR cross-border di jaringan merchant mitra akan terus meningkat. Ini diharapkan dapat memberikan kontribusi devisa bagi Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah pariwisata. (mad/hdl)